Jumat, 18 November 2011

Teknologi Kesehatan Lainnya




mChip Chip Murah yang Dapat Mendeteksi Penyakit Dalam Darah


Jika anda takut melakukan tes darah kepada seorang dokter, mungkin teknologi satu ini adalah solusinya. mChip, sebuah chip yang dirancang untuk dapat melakukan tes darah dengan hasil yang akurat dan cepat.

Bayangkan, jika anda melakukan tes darah di dokter, hasilnya mungkin akan keluar sehari, seminggu, atau bahkan sebulan kemudian. Tentunya hal tersebut dapat memberikan beban pikiran tersendiri bagi otak anda. Dengan alat ini, hasil tes dapat diketahui hanya dalam waktu 15 menit. Sangat-sangat cepat.
Tak hanya itu, hasil tes juga dapat diketahui secara langsung oleh anda sendiri. Tak perlu seorang dokter untuk melakukan interpretasi tertentu. Harganya pun cukup murah, satu dolar atau tak kurang dari 10 ribu rupiah.
Tentunya dengan adanya chip murah ini, pendeteksian penyakit seperti AIDS/HIV, sipilis dapat dilakukan dengan mudah.


Tato Elektronik ini Mampu Mendeteksi Tanda-tanda Vital Kesehatan Pasien



Jika anda adalah seorang pasien yang harus selalu menjalani pemeriksaan vital secara rutin, mungkin akan senang dengan datangnya teknologi ini. Kini anda tak perlu repot-repot jika ingin menjalani tes kesehatan, cukup dengan memasang tato ini saja, maka tes kesehatan, terutama tes vital menjadi sangat mudah.

Seorang Peneliti dari Amerika bernama John A Rogers telah menciptakan sebuah tato yang mampu mendeteksi organ vital seorang pasien. Tato tersebut, lanjutnya seperti dikutip oleh Dailymail, dapat mendeteksi perubahan tanda-tanda vital tubuh, seperti suhu, detak jantung, sekaligus mengirimkan data hasil pemeriksaan secara wireless.

Untuk membuat tato yang berteknologi tinggi ini para peneliti memasukkan sebuah sensor elektronik ke dalam film yang lebih tipis daripada rambut manusia. Kemudian film tersebut ditempatkan pada polyester yang biasa digunakan untuk tato temporer yang sering dimiliki oleh anak-anak.


Sony Perkenalkan Alat Deteksi Denyut Nadi FVA-U1 Di Jepang

1__sony-veins-reader
Ada kabar baik untuk dunia kedokteran. Tentu saja kabar baik ini adalah menyangkut teknologi baru yang dapat dipakai untuk memeriksa pasien, sehingga memudahkan pekerjaan sang dokter dan juga bermanfaat tentunya untuk mendeteksi penyakit apa yang kini sedang diderita si pasien yang datang ke rumah sakit.
Sony akhirnya menepati janjinya bahwa akan melahirkan salah satu produk untuk bidang kesehatan, dimana sekaligus mengklaim alat yang dibuatnya ini juga merupakan alat deteksi denyut nadi yang paling terkecil di dunia dan paling ringan yang pernah ada hingga saat ini.
Sebelumnya sudah ada perangkat serupa yang diluncurkan oleh Hitachi yang berukuran tebal hanya 3mm, dimana juga mengklaim bahwa produk keluarannya menjadi yang terkecil saat ini.
Namun tentu saja produk keluaran Hitachi tersebut tidak akan menjadi saingan untuk produk FVA-U1 keluaran Sony karena hanya akan dipasarkan di Jepang saja pada tanggal 18 Desember 2009 mendatang, sedangkan produk Hitachi sendiri tidaklah hadir di negara tersebut sehingga pihak Sony pun tak perlu takut untuk kalah saing.
Produk kesehatan keluaran Sony ini kabarnya memiliki berat 33 gram, bisa dikoneksikan menggunakan kabel USB dan mempunyai layer ekstra yang dapat menyimpan atau merekam data hasil pemindaian. Tak disebutkan memang kisaran harga dari produk ini, namun kiranya ini akan memotivasi juga para dokter untuk bekerja dengan tekun, tak pernah lelah untuk belajar dan tak pernah bosan melayani para pasiennya. Karena tentu saja, teknologi akan menjadi teman yang baik yang menunjang pekerjaannya di masa mendatang.

0 comments:

Posting Komentar